Konsumsi Ramuan Jahe Campur Bawang Putih, Ini Efek Positifnya untuk Kesehatan

Rabu, 20 Januari 2021 11:29

LUSTRASI: rRebusan jahe dan cengkeh bisa jadi obat asam lambung (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Bawang putih dan jahe sudah terkenal sejak lama akan kandungan gizi dan kemampuannya dalam menyembuhkan beberapa penyakit.

Ramuan obat ini biasanya dikombinasikan tidak hanya jahe dan bawang putih saja, tetapi juga menggunakan madu dan air hangat.

Tak perlu diragukan lagi, kombinasi bumbu dapur ini telah terbukti memiliki efek luar biasa pada kesehatan tubuh karena memiliki sifat antibakteri, antimikroba, dan anti-inflamasinya.

Menurut laman Genpi.co, kehebatan jahe yakni memiliki senyawa bioaktif.

Seperti shogaol yang menunjukkan sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang membantu mengelola dan mengurangi keparahan pada sakit tenggorokan.

Hal ini menghambat mikroorganisme tertentu seperti streptococcus mutans, candida albicans, dan enterococcus faecalis.

Bawang putih dan madu juga memiliki kemampuan untuk meredakan flu karena sifat antibakteri dan antivirusnya. Jahe juga bisa membantu meringankan gejala asma dengan membuka saluran udara terbatas.

Sifat anti-inflamasi pada bawang putih dan madu membantu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan.

Tak hanya itu saja, madu kaya akan flavonoid yang memiliki sifat antikanker. Efek potensial dari jahe dan bawang putih terjadi pada pencegahan dan pengobatan penyakit kanker.

Manfaat paling dahsyat yang bisa diambil dari ramuan ini. Jahe telah terbukti menurunkan tekanan darah, faktor utama risiko penyakit jantung.

Sementara, bawang putih dan madu memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar tekanan darah tinggi.

Komentar