Bangunan Baru SMPN 2 Hancur Diguncang Gempa, Gedung Lama Justru tetap Kokoh

Kamis, 21 Januari 2021 21:14

Muhammad Hasbar berdiri di depan puing bangunan SMPN 2 Mamuju. (Ishak/fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID, MAMUJU – Muhammad Hasbar merasa sedih. Gempa yang telah mengguncang Mamuju, menghancurkan sebagian bangunan SMPN 2 Mamuju.

Dari pengakuannya, dia adalah adalah alumni yang mendaftar tahun 1998 dan lulus tahun 2000 di sekolah itu. Kini tempatnya mengenyam pendidikan kala itu hancur berantakan.

Ia tak menyangka, 20 tahun Hasbar meninggalkan sekolahnya yang terletak di Jalan A.P. Pettarani, Kabupaten Mamuju itu justru berakhir seperti ini.

“Dari dulu memang bangunan ini sudah tembok. Ruang kelas, perpustakaan, dan laboratorium hancur. Gedungnya memang ada yang sudah lama,” katanya, Kamis (21/1/2021).

Beberapa bangunan yang sudah ada sejak ia masih sekolah, masih berdiri hingga kini. Namun justru bangunan baru yang hancur pasca diguncang gempa 6,2 magnitudo.

“Bangunan lama masih kuat. Ini yang masih baru yang hancur akibat gempa,” terangnya.

Pantauan di lokasi, Mulai dari pagar, tembok kelas, dan atap hancur lebur.

Berkas dan peralatan di ruang guru pun tertinggal dan ada pula yang sudah rusak. Beberapa bagian tembok kelas ditakutkan akan roboh, jika seseorang mendekat dengan tidak berhati-hati.

Pagar yang terbuat dari batu pun hancur. Sementara saat masuk ke halaman sekolah, tampak pada bagian sebelah kanan, sudah ada sebuah gedung kelas yang sudah hancur.

Begitu pun gedung yang ada di sebelahnya. Tembok pembatas antara gedung satu dengan gedung lainnya sudah berlobang dan hancur.

Komentar