Danny Pomanto Siap Duduki Kembali Balaikota, Berikut Sepak Terjangnya

Kamis, 21 Januari 2021 17:25

Danny Pomanto

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mohammad Ramdhan Pomanto atau biasa disapa Danny Pomanto tak lama lagi akan ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Makassar 2020.

Rencananya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar akan menetapkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar terpilih pada Sabtu (23/1/2021) mendatang.

Lewat proses hitung cepat, Danny bersama pasangannya, Fatmawati Rusdi yang diusung NasDem dan Gerindra dengan nomor urut 01 berhasil mengantongi suara sebanyak 41,21 persen versi Celebes Research Center (CRC), meninggalkan rival terberatnya, Appi-Rahman yang mengemas suara 34.84 persen.

Untuk kedua kalinya, Danny akan kembali menduduki balaikota memimpin pemerintahan kota Makassar 5 tahun ke depan. Lantas seperti apa sepak terjang Danny Pomanto?

Danny Pomanto yang lahir di Makassar, 30 Januari 1964 adalah mantan Wali Kota Makassar periode 2014-2019 berpasangan dengan Syamsu Rizal atau Deng Ical. Danny-Ical yang pada Pilkada 2013 itu diusung Demokrat dan PBB menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat oleh Ilham Arief Sirajuddin.

Pada Pilkada 2018, Danny yang berpasangan dengan Indira Mulyasari Paramastuti kembali mencoba peruntungan menjadi walikota. Upayanya kandas lantaran Mahkamah Agung (MA) mencoret pencalonan dirinya. Alhasil, Pilkada Makassar hanya diikuti oleh calon tunggal Munafri Arifuddin dan Andi Rachmatika Dewi.

Kala itu Danny sebagai Petahana dianggap telah menggunakan kewenangan program dan kegiatan yang patut dinyatakan menguntungkan pasangan calon dirinya dan merugikan kepentingan pasangan calon lain dalam waktu 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon.

Komentar