Sri Sultan Hamengku Buwono X Pecat Dua Adiknya, Muncul Isu Berkaitan dengan Sabdatama dan Sabdaraja

Kamis, 21 Januari 2021 22:11

Sri Sultan Hamengkubuwono X

Buktinya, kata Sultan, beberapa pihak lain yang selama ini tidak setuju dengan Sabdatama dan Sabdaraja tidak diberhentikan. Dia mencontohkan, KRT Jatiningrat selaku Penghageng Tepas Dwarapura Keraton Jogjakarta serta KGPH Hadiwinoto Penghageng Kawedanan Hageng Punokawan Parasrayabudaya tetap bertugas meski berselisih soal Sabdatama dan Sabdaraja.

”Nggak ada hubungannya. Ya kan wong nyatanya yang nggak setuju sama saya kalau tetap dia melaksanakan tugas sebagai penghageng juga nggak saya berhentikan. Mas Jatiningrat, Mas Hadiwinoto kan juga tetap kerja. Karena dia juga melaksanakan tugas,” kata Sultan.

Sebelumnya, melalui surat Dhawuh Dalem: 01/DD/HB 10/Bakdamulud XII/Jumakir 1954/2020 yang ditandatangani Raja Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, Hamengku Bawono KA 10, diumumkan pergantian jabatan yang sebelumnya diisi GBPH Yudhaningrat dan GBPH Prabukusumo.

Bab pertama surat tersebut menuliskan pergantian pimpinan Keraton Jogjakarta di Parwabudaya Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat yang sebelumnya dipimpin adik Sri Sultan HB X yaitu GBPH Yudaningrat. Dengan surat itu, jabatan tersebut kemudian dipegang putri sulung Sultan yakni GKR Mangkubumi.

Bagikan berita ini:
4
2
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar