Sumbangan Gempa Sulbar Rawan Disalahgunakan, Pj Walikota Makassar Minta Warga Lakukan Ini

Kamis, 21 Januari 2021 16:57

Pj Wali Kota, Rudy Djamaluddin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat minggu lalu membuat masyarakat ramai- ramai menggalang dana untuk korban.

Namun, masih saja segelintir oknum yang tidak bertanggung jawab yang menggalang mengatasnamakan korban namun dipakai untuk keperluan pribadi. Seperti kasus di Kabupaten Gowa beberapa hari lalu.

Menanggapi hal itu, Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin meminta kepada masyarakat atau organisasi kemanusiaan untuk berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dissos) agar proses betul betul bisa dipercayai.

“Jadi kalau ada masyarakat relawan yang juga ingin terlibat pengumpulan dalam bantuan sosial seyogyanya harus ada kordinasi dengan dinas terkait (Dissos) untuk lebih memudahkan mengelola dan memanage sumbangan dari masyarakat untuk bisa tersalurkan secara lebih benar, sampai di tempatnya secara tepat sasaran,” ucapnya, Kamis (21/1/2021).

Apalagi kata dia, sumbangan untuk korban bencana gempa sejalan dengan program Dissos.

“Tapi yang kami himbau adalah bahwa sebenarnya Pemerintah memiliki tanggungjawab dalam hal bagaimana membantu warga-warga kita yang terdampak,” tuturnya.

Sebelumnya, Rudy mengapresiasi inisiatif masyarakat dalam menggalang sumbangan. Namun ia mengingatkan kembali pentingnya menjaga ketertiban di jalan agar tidak menimbulkan kecelakaan.

“Oleh karenanya pada prinsipnya tidak dilarang, tetapi tentu ada ketentuan ketertiban, keselamatan di jalan juga harus dijaga, supaya jangan sampai justru menimbulkan masalah baru,” sebut Rudy.

Komentar