Anak-anak Penyintas Gempa Antusias Ikut Trauma Healing

Jumat, 22 Januari 2021 18:41

Anak-anak Korban Gempa Sulbar mengikuti trauma healing. (Ishak/fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID, MAMUJU– Puluhan anak-anak hingga remaja yang menjadi korban gempa bumi di Mamuju, mengikuti trauma healing di posko pengungsian Stadion Andi Manakarra, Jumat (22/1/2021).

Trauma healing ini digelar di bawah tenda pengungsian milik Badan Nasional dan Penanggulangan Bencana (BNPB) setiap sore hari.

Puluhan anak-anak di sana diajak bermain dan bergembira oleh petugas dari penyuluh sosial, Kementerian Sosial, yang ditugaskan untuk mengurangi trauma anak-anak dari guncangan gempa pada Jumat lalu.

Sementara para remaja yang juga menjadi korban gempa, mengikuti permainan fisik di halaman stadion tersebut dan dibina oleh para petugas PKH tadi.

“Kami memang mengambil tema atau games ini untuk mengurangi pikiran trauma (korban gempa). Baik anak-anak hingga remaja,” kata Pekerja Sosial Masyarakat (Pensosmas) Polman, Wahida saat ditemui sore tadi.

Bagi anak-anak, mereka diajarkan menggambar menggunakan alat dan perlengkapan seadanya yang telah disediakan.

Puluhan anak-anak ini pun mengikuti trauma healing ini dengan penuh antusias. Termasuk para orang tua anak-anak yang juga hadir mendampingi Anak-anaknya.

“Kegiatan ini dari kemarin dari layanan Kementerian Sosial. Kita beberapa hari di sini. Ini memang mengurangi trauma bagi korban gempa,” jelas Wahida kepada jurnalis Fajar.co.id.

Selamat mengikuti kegiatan itu, anak-anak hingga remaja yang hadir diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke tenda tersebut.

Komentar