Stabilkan Gula Darah, Ini Makanan Sehat yang Disarankan Ahli

Jumat, 22 Januari 2021 08:57

Ilustrasi sayuran dan buah. Foto: Pixabay

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Diet bisa memainkan peran penting dalam mengelola diabetes.

Memahami bagaimana makanan tertentu memengaruhi insulin dan kadar gula darah bisa membantu seseorang membuat pilihan berdasarkan informasi tentang apa yang akan dimakan dan kapan.

Penderita diabetes bisa makan makanan yang seimbang dan sehat tanpa melepaskan makanan yang mereka nikmati.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Berserat tinggi

Sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian memberikan lebih banyak nutrisi per kalori dibandingkan karbohidrat olahan dan cenderung kaya serat.

Tubuh Anda mencerna makanan berserat tinggi lebih lambat yang berarti peningkatan gula darah yang lebih moderat.

Bagi kebanyakan penderita diabetes, karbohidrat harus mencapai sekitar 45 persen hingga 55 persen dari total kalori yang Anda makan setiap hari.

Pilih karbohidrat Anda dengan bijak, idealnya, dari sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan.Hindari karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta, dan nasi, serta permen, minuman ringan manis, dan makanan manis.

Serat ada dalam dua bentuk. Serat tidak larut, jenis yang ditemukan dalam biji-bijian.Satunya lagi serat larut, ditemukan dalam kacang-kacangan, kacang polong kering, gandum, dan buah-buahan.

Sejumlah penelitian menunjukkan makan banyak serat mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung, penderita diabetes perlu melakukan semua yang mereka bisa untuk menurunkan risikonya.

  1. Makanan Diet

American Diabetes Association (ADA) menggemakan pedoman diet yang direkomendasikan untuk masyarakat umum. Semua mengarah ke pola makan yang berpusat pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan (kacang polong dan kacang-kacangan).

Komentar