Terdepan Tegakkan Prokes, 112 Satpol PP Makassar Positif Covid-19

Jumat, 22 Januari 2021 21:03

Satpol PP Makassar sedang menegakkan aturan prokes. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sebagai garda terdepan dalam penanganan protokol kesehatan, Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar justru dikerubuti covid-19.

Kepala Satpol PP Kota Makassar Iman Hud mengatakan saat ini sudah ratusan anggotanya terkonfirmasi positif virus covid-19. Meningkat dalam sepekan terakhir.

“Sekarang sudah ratusan lebih, kalau nda salah sudah 112 orang mi, dibanding pekan lalu cuma 71 orang,” kata Iman, Kamis (21/1/2021).

Menurut Iman, data tersebut didapatkan setelah kurang lebih 400 anggota Satpol PP di swab secara bertahap, dan hasilnya seperti itu.

Banyaknya personel yang positif dinilai Iman dampak dari tidak adanya suplai logistik untuk mereka di lapangan. Apalagi penanganan Covid 19 di Makassar dibebankan ke Satpol-PP setelah Gugus tugas diubah ke Satgas.

“Sejak 26 otober Gugus tugas dibubarkan, justru di situ kasus meningkat, persoalan besar belum selesai. Makassar epicentrum,” jelas Iman.

Lebih jauh kata Iman, pihaknya berupaya agar seluruh personelnya bisa cepat sembuh dengan memberikan bantuan sembako memanfaatkan dana seadanya.

“Saya carikan sembako terus dibagikan supaya imun kuat. Dananya dari dari operasional satpol,” ujar Iman.

Ia memastikan, operasi edukasi masyarakat tentang 3 M akan terganggu dengan banyaknya personel satpol yang porsitif. Sehingga pihaknya mesti mengatur ulang jadwal.

“Pasti terganggu (operasi) kita harus menyusun penempatan personel, harus dicarikan gantinya,” tutupnya. (ikbal/fajar)

Komentar