Syarat Presidential Threshold Turun, Pilpres Kompetitif

Sabtu, 23 Januari 2021 14:22

Ilustrasi pilpres-- (Koko/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– DPR RI sedang menyiapkan opsi menurunkan ambang batas presidential threshold alias syarat dukungan kursi (suara) parpol untuk pilpres. Penurunannya bahkan hingga dua kali lipat.

Dalam Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, ambang batas perolehan suara yang harus diperoleh partai politik dalam suatu pemilu agar dapat mengajukan calon presiden, diatur dalam Pasal 222.

Detailnya, pasangan calon presiden-wakil presiden harus diajukan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang memiliki sekurang-kurangnya 25 persen kursi di DPR RI atau 20 persen suara sah nasional dalam Pemilu Legislatif.

Pengamat Politik Unhas Andi Ali Armunanto mengemukakan, penurunan ambang batas presidential threshold dari 20 persen menjadi 10 persen dukungan parpol, secara positif akan membuat kompetisi politik para calon presiden menjadi lebih kompetitif. Sebab, membuka ruang bagi banyak calon yang akan maju.

“Partai politik bisa leluasa mencalonkan presiden. Bahkan satu parpol bisa satu calon,” urai Ali Armunanto, Jumat, 22 Januari.

Bagikan berita ini:
8
1
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar