Tak Mau Ada Manipulasi Data Bencana, Mentan SYL: Saya Ini Bekas Kepala Desa

Sabtu, 23 Januari 2021 17:27

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo (SYL) tiba di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Dia datang mengendarai sebuah mobil dengan nomor polisi RI 37.

Mantan Gubernur Sulsel ini mengatakan, gempa yang telah mengguncang Mamuju berkekuatan 6,2 magnitudo, berharap tak ada yang memanfaatkan peristiwa itu untuk memperkaya diri.

Termasuk melakukan manipulasi data terhadap seluruh korban bencana, seperti data kerusakan dan data korban jiwa. Ia tak ingin permainan oleh oknum dalam bencana ini.

“Saya ambil bencana. Jangan bilang bencananya ada 5, dia bilang 100. Jangan. Saya ini bekas kepala desa. Jadi saya lihat itu yang merekayasa bencana, datang bencana berikut. 10 tahun saya jadi Gubernur. 25 tahun jadi kepala daerah,” katanya di hadapan seluruh Kepala Desa dan Camat di Sulbar, Sabtu (23/1/2021).

SYL menuturkan, pihaknya membawa 20 truk yang membawa ragam jenis bantuan. Mulai dari makanan hingga obat-obatan.

“Saya punya truk 20. Di sana ada obat, minyak kayu putih, pembalut, air mineral, beras 60 ton, mi instan, terpal,” jelas paman dari Bupati Gowa ini, Adnan Purichta Ichsan.

Selain itu di dalam kunjungannya, SYL melakukan pemantauan di sektor yang ia bidangi, sektor pertanian. Ia ingin pertanian di Mamuju tetap berjalan meski baru saja diguncang gempa.

Komentar