Vaksin Merah Putih Bakal Diproduksi Tahun 2022

Sabtu, 23 Januari 2021 22:27

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Vaksin Merah Putih produk dalam negeri baru bisa diproduksi secara massal tahun 2022. Vaksin antivirus corona ini diproduksi oleh PT Bio Farma di Bandung, Jawa Barat.

Saat ini, Bio Farma sedang memproduksi bahan baku vaksin impor dari beberapa negara. 15 juta dosis vaksin sudah tiba di Bio Farma dan 1,32 juta sudah terdistribusi ke seluruh provinsi.

Wakil Ketua Komisi IX DPR Nihayatul Wafiroh menggali informasi terkait progres produksi vaksin Merah Putih yang ditunggu-tunggu publik itu. Dan ternyata baru bisa diproduksi pada 2022. Saat ini Bio Farma sedang sibuk memproduksi sekaligus mendistribusikan vaksin Sinovac asal Tiongkok.

“Selain itu kami juga ingin mendapatkan progres dari upaya kita mendapatkan pasokan dari vaksin lain selain Sinovac, termasuk progres pengembangan vaksin Merah Putih. Komisi IX DPR RI sangat berharap bahwa seluruh upaya kita mengatasi pandemi melalui vaksinasi berjalan lancar sesuai rencana,” tutur Nihayatul Wafiroh dalam kerangan resminya, Sabtu (23/1/2021).

Sementara itu Dirut Bio Farma, Honesti Basyir menjelaskan hingga Juni 2021 nanti, Bio Farma akan menerima 144.700.000 dosis vaksin. Vaksin produksi Inggris dan Amerika Serikat juga sudah berdatangan.

“Sudah hampir 10 bulan kita berjibaku menghadapi pandemi yang mengharuskan kita semua merubah cara hidup dan beradaptasi. Adanya vaksin tentu merupakan salah satu harapan kita semua agar pandemi segera berakhir. Kita patut bersyukur mendapatkan akses ke beberapa vaksin Covid-19 yang proses kerja samanya melalui PT Bio Farma. Program ini sangat penting, karena dibiayai APBN dan masyarakat terjamin aksesnya,” imbuh Nihayatul. (endra/fajar)

SPONSORSHIP

Komentar


VIDEO TERKINI