Alasan Ribuan Pengungsi Korban Gempa Sulbar Menolak Pulang ke Rumah Masing-masing

Minggu, 24 Januari 2021 20:59

KONDISI DARURAT: Hingga kemarin (18/1) sejumlah korban gempa dirawat di halaman Rumah Sakit Regional Sulawesi Barat, Mam...

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Ribuan pengungsi yang terletak di sejumlah titik di kota Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) belum mau pulang ke rumahnya meskipun telah dihimbau pemerintah setempat.

“Rumah kami rusak parah, kami mau kemana, tidak mungkin kembali ke rumah. Kami pengungsi, hanya bisa bertahan di tenda pengungsian,” kata, Awal, salah seorang pengungsi di Mamuju, Minggu, (24/1).

Awal juga menuturkan, saat ini masyarakat butuh kejelasan dari pemerintah mengenai upaya yang dilakukan untuk penanganan dampak bencana.

“Kalau kami disuruh pulang harus jelas dulu bagaimana kami nantinya, karena tidak mungkin kami menempati rumah yang hampir roboh, atau tertimpa bangunan rumah tetangga yang roboh,” katanya.

Ia juga mempertanyakan, bagaimana dengan pengungsi yang sudah keluar daerah seperti menuju wilayah Utara Kabupaten Mamuju.

“Bagaimana mungkin mereka mau kembali ke pengungsian kalau pemukimannya hancur, sementara pemerintah tidak jelas dalam memberikan solusi dan belum memiliki data soal kerusakan pemukiman warga yang terdampak bencana,” katanya.

Bagikan berita ini:
10
5
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar