Siswa Diwajibkan Pakai Jilbab termasuk Nonmuslim, Ini Sikap Tegas Nadiem Makarim

Minggu, 24 Januari 2021 17:49

Mendikbud Nadiem Makarim dalam raker Komisi X DPR RI. Foto: tangkapan layar

Nadiem memandang aturan SMKN 2 Padang sebagai bentuk intoleransi atas keberagamaan, sehingga bukan saja melanggar peraturan UU, melainkan juga nilai-nilai Pancasila dan Kebinekaan.

Untuk itu, pemerintah tidak akan mentoleransi guru atau kepala sekolah yang melakukan pelanggaran dalam bentuk intoleransi tersebut.

“Sejak menerima laporan mengenai Kemendikbud telah berkoordinasi dengan pemda untuk segera mengambil tindakan tegas, saya mengapresiasi gerak cepat pemda terhadap pihak yang melakukan pelanggaran,” jelas dia.

Selain itu, Nadiem juga meminta Pemerintah Daerah Padang bekerja sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Segera memberikan sanksi tegas atas pelanggaran disiplin bagi seluruh pihak yang terbukti terlibat, termasuk kemungkinan menerapkan pembebasan jabatan, agar permasalahan ini jadi pembelajaran bersama ke depan.

“Kemdikbud akan terus berupaya mencegah praktik intoleransi di sekolah, sebagai tindakan konstruktif, kami akan segera mengeluarkan surat edaran dan membuka hotline pengaduan untuk menghindari terulangnya pelanggaran serupa,” kata Nadiem. (jpnn/fajar)

Komentar