Tak Semua Korban Gempa Meninggal Dapat Kompensasi, Ini Alasannya

Minggu, 24 Januari 2021 21:58

Salah satu rumah warga yang rusak di perkotaan Mamuju akibat gempa

FAJAR.CO.ID, MAMUJU – Jumlah korban meninggal akibat gempa 6,2 magnitudo di Sulawesi Barat (Sulbar) telah mencapai 92 orang. Namun rupanya, tidak semua mendapat kompensasi.

Korban-korban yang mendapat kompensasi itu hanyalah bagi mereka yang meninggal dunia saat gempa terjadi, yakni pada hari Jumat (15/1/2021) lalu.

“Pada saat kejadian (dapat kompensasi) dan pas kejadian dan pencarian juga evakuasi dilakukan oleh Basarnas. Di luar itu tidak,” jelas Juru Bicara Tanggap Bencana Sulbar, Nasir, Minggu (24/1/2021).

Termasuk Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Mamuju, Salihin Saleh yang tertimbun bangunan rumahnya di Jalan Pongtiku. Beberapa saat saat ditemukan, Salihin dibawa ke RS Pelamonia, Makassar.

Beberapa hari setelah dirawat di sana, Salihin pun mengembuskan napas terakhirnya di rumah sakit tersebut pada Kamis (21/1/2021) pukul 09.30 Wita lalu.

Kata Nasir, yang mendapat kompensasi hanyalah istrinya saja, bernama Adriani yang ditemukan meninggal dunia tertimbun bangunan rumahnya saat gempa.

“Itu pasca (Kadis PU Mamuju) meninggal. Kecuali istrinya dapat kompensasi,” ujarnya.

Namun Nasir sampai dengan saat ini, belum menyebut soal nilai kompensasi bagi korban yang meninggal dunia pada saat kejadian. (Ishak/fajar)

Komentar