Tanggap Darurat Pascagempa di Mamuju Diperpanjang hingga Februari

Minggu, 24 Januari 2021 20:53

FAJAR.CO.ID, MAMUJU – Status tanggap bencana di dua Kabupaten yang telah diguncang gempa, Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), masyarakat diwajibkan tetap waspada.

Juru Bicara Tanggap Bencana Sulbar, Nasir mengatakan, masa tanggap bencana di dua wilayah ini diperpanjang hingga sekitar awal Februari 2021 mendatang.

“Tanggap darurat yang pertama tanggal 15 hingga 28 Januari. Lalu satu pekan berikutnya itu sudah diperpanjang oleh Gubernur,” katanya Minggu, (24/1/2021).

Kendati demikian, warga diminta untuk tetap waspada dengan adanya gempa susulan. Isu tsunami yang beredar dari mulut ke mulut diminta untuk tidak dipercaya.

Selain itu, Gubernur Sulbar, Ali Baal Basdar meminta warga yang masih mengungsi untuk kembali ke rumahnya masing-masing.

Korban gempa diminta untuk tidak terlalu bergantung dengan segala bantuan yang datang. Jika sudah bisa produktif, warga diminta mulai menjalankan rutinitasnya seperti sedia kala.

“Kalau sudah bisa kembali, kembali. Kalau tidak ada aktivitas di laut, apa yang mau dimakan kita. Jalan saja. Insyaallah gempa ini akan berhenti, berhenti dan selesai,” ujarnya.

Sementara untuk pengurusan kompensasi rumah warga yang rusak akibat gempa, pemerintah akan memberikan bantuan. Rumah rusak berat akan diganti Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta, dan rusak ringan 10 juta. (Ishak/fajar)

Komentar