Konsumsi Melon, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Senin, 25 Januari 2021 11:27

Ilustrasi buah melon. Foto: Pixabay

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Melon tersedia di seluruh dunia dan bisa dimakan sendiri atau digunakan dalam makanan penutup, salad, makanan ringan, dan sup.

Meskipun daya tarik terbesarnya adalah rasanya, melon juga bergizi dan bisa memberikan beberapa manfaat.

Berikut ini beberapa manfaat sehat melon untuk tubuh, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah melon juga bisa menyehatkan mata. Buah ini diperkaya dengan kandungan zat betakaroten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman penglihatan dan menjaga kesehatan mata.

Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan untuk memperbaiki meningkatkan fungsi mata.

  1. Membasmi Radikal Bebas

Buah melon juga sangat kaya kandungan antioksidan flavonoid seperti beta-karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin.

Antioksidan ini memiliki kemampuan untuk membantu melindungi sel-sel dan struktur lainnya dalam tubuh dari radikal bebas.

Kemampuan ini bisa membantu dalam hal perlindungan terhadap usus besar, prostat, payudara, endometrium, paru-paru, dan kanker pankreas.

Namun tidak hanya untuk penyakit berbahaya manfaat antioksidan ini juga baik untuk bagian tubuh lainnya.

  1. Mencegah Serangan Jantung

Selain efektif untuk mencegah beberapa penyakit paling berbahaya, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu mencegah dan menghentikan penggumpalan peredaran sel darah.

Hal itu sukses untuk mengurangi serangan jantung dan bahkan penyakit stroke. Cara kerjanya adalah dengan melancarkan peredaran sel darah merah yang bisa mengurangi serangan jantung dan stroke.

Bagikan berita ini:
3
5
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar