Mamuju Bangkit, Aktivitas Ekonomi Pulih 10 Hari Pascagempa

Senin, 25 Januari 2021 10:28

ejumlah aktivitas ekonomi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) mulai pulih, 10 hari pasca diguncang gempa 6,2 magnitudo.

FAJAR.CO.ID, MAMUJU – Sejumlah aktivitas ekonomi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) mulai pulih, 10 hari pasca diguncang gempa 6,2 magnitudo.

Senin pagi, (25/1/20201), aktivitas perdagangan di pasar dan di tempat lainnya mulai berjalan seperti sedia kala. Salah satunya pedagang pisang di Jalan RE Martadinata, yang sudah mulai melayani para pembeli.

Meski masih sepi, mereka tetap menjajakan jualannya kepada warga. Sementara di SPBU Jalan Poros Mamuju – Majene, ramai dikunjungi oleh pengendara untuk mengisi bahan bakar.

Termasuk di sejumlah minimarket di Bumi Manakarra ini. Meski sebagian bangunannya rusak akibat gempa, aktifitas jual beli tetap dilakukan.

Masyarakat berbondong-bondong berbelanja untuk memenuhi kebutuhannya. Baik yang telah kembali ke rumahnya atau pun yang masih mengungsi.

Kendati demikian, penjual dan pembeli mesti berhati-hati jika berada di dalam ruangan.

Hal itu dikarenakan beberapa bagian bangunan rusak dan mungkin bisa melukai dirinya. Seluruh aktivitas ekonomi ini mulai berjalan sejak 2 hingga 3 hari Mamuju diguncang gempa, pada Jumat (15/1/2021).

Sejalan dengan itu, Gubernur Sulbar, Ali Baal Basdar, meminta kepada korban gempa untuk tidak terlalu bergantung dengan segala bantuan yang datang. Jika sudah bisa produktif, warga diminta mulai menjalankan rutinitasnya seperti sedia kala.

“Kalau sudah bisa kembali, kembali. Kalau tidak ada aktifitas di laut, apa yang mau dimakan kita. Jalan saja. Insya Allah gempa ini akan berhenti, berhenti dan selesai,” katanya

Komentar