Sayangkan Anggaran Capai Rp400 Miliar Pertahun, Gubernur Minta Stop Penerimaan Non PNS

Senin, 25 Januari 2021 14:06

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sangat menyayangkan anggaran yang setiap tahunnya diperuntukkan bagi pegawai non ASN. Diketahui anggaran tersebut mencapai Rp400 miliar pertahun.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menilai, dengan menganggarkan dana ke pegawai non ASN yang tidak berkualitas, maka sama saja memberikan beban berat pada APBD 2021.

“Ya itu Rp400 miliar setiap tahun kita harus keluarin uang, tapi efektif nggak? Kecuali guru, dan tenaga kesehatan itu memang penting, tapi kalau yang lain kita asal terima saja, kan kasian beban APBD kita terlalu berat,” kata Nurdin, Senin (25/1/2021).

Oleh karena itu untuk mengefektifkan anggaran APBD 2021 khusus untuk pegawai non ASN, Nurdin meminta kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk menjadi satu pintu penerimaan non ASN.

Nurdin menjelaskan BKD harus melakukan screening agar menemukan postur dan jabatan sesuai yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan.

“Tidak ada lagi OPD yang angkat atau kasih pindah orang, biar BKD yang mengatur,” tegasnya.

Nurdin menambahkan pihaknya akan memperlakukan merit system yang merupakan kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

Hal tersebut juga berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 dan Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 2020.

“Inilah yang sebenarnya kita inginkan, Sulawesi Selatan yang pertama memberlakukan merit system. Ini membantu kita bekerja by sistem,” bebernya. (Anti/fajar)

Komentar