Sosok Ambroncius Nababan, Relawan Jokowi yang Tiga Kali Gagal Nyaleg

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Nama Ambroncius Nababan mendadak menjadi perbincangan hangat kalangan warganet.

Ketua Relawan Pro Jokowi Amin (Projamin) itu diduga bertindak rasial lantaran mengunggah meme yang menyandingkan foto mantan komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Natalius Pigai dengan gorila.Lantas, siapakan Ambroncius Nababan?

Penelusuran JPNN.com menunjukkan bahwa Ambroncius lahir di Tarutung, Sumatera Utara (Sumut) pada 5 Juli 1957.

Nama lengkapnya Ambroncius I.M Nababan. Ambroncius pernah tercatat sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Hanura pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2009, 2014, dan 2019.

Pada tiga kali pemilu itu, dia maju dari daerah pemilihan (dapil) yang berbeda-beda.

Pada Pemilu 2009, Ambroncius tercatat menjadi caleg DPR RI dari Partai Hanura untuk Dapil I Sumut. Dia menempati nomor urut empat.

Kala itu caleg Hanura yang lolos dari Dapil I Sumut yang lolos ialah Nurdin Tampubolon.

Lima tahun kemudian atau pada Pemilu 2014, Ambroncius kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI. Kali ini dia pindah ke dapil lain.

Menyitat formulir Model BB-11 atau lembar isian pendaftaran bakal calon legislatif Pemilu 2014 di KPU, Ambroncius maju sebagai caleg Hanura untuk DPR RI dari Bali. Dia memperoleh nomor urut empat di dapil tersebut.

Namun, lagi-lagi Ambroncius gagal, meskipun partainya lolos ke Senayan dengan raihan 6.579.498 suara (5,26 persen), dan mendapat 16 kursi (2,9 persen).

Postingan Ambroncius di Facebook. (Dok. Twitter)

Ikhtiar Ambroncius menuju DPR tidak berhenti di situ. Pada Pileg 2019, lagi-lagi bapak satu anak itu mencalonkan diri sebagai anggota DPR dari Partai Hanura. Kali ini Ambroncius mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Dapil Papua.

  • Bagikan