Ada Rossi di Balik Sukses Suzuki di MotoGP, Ini Buktinya

Selasa, 26 Januari 2021 09:54

Foto: Crash

FAJAR.CO.ID, HAMAMATSU—Mantan Manajer Suziki, Davide Brivio mengungkapkan bagaimana “peran” Valentino Rossi di balik sukses mereka meraih gelar juara MotoGP 2020 bersama Joan Mir. Menurutnya, semua berawal dari pendekatan Suzuki pada The Doctor yang membuatnya mendapat peran manajer.

Brivio bekerja sebagai konsultan untuk Rossi, setelah meninggalkan Yamaha bersama The Doctor ketika ia pindah ke Ducati pada 2011. Ketika Suzuki ingin kembali ke MotoGP pada 2014, mereka kemudian menghubungi Brivio terkait Rossi.

Suzuki kemudian mengirim pesan kepada Brivio lewat Facebook. Waktu itu, Suzuki menanyakan tentang ketersediaan Valentino Rossi untuk kembalinya pabrikan itu ke MotoGP.

“[Pemimpin proyek Suzuki, Shinichi] Sahara menghubungi saya di Facebook, itu aneh karena saya tidak menggunakan Facebook. Saya memiliki Facebook tetapi saya tidak menggunakannya. Saya bahkan tidak tahu caranya, bahkan sekarang! Tapi Saya melihat pemberitahuan dan melihat pesan,” kata Brivio dalam wawancara video dengan MotoGP.com.

“Saya melihat nama Sahara dan dia ingin tahu apa niat Valentino Rossi untuk masa depan. Dia mengatakan kepada saya bahwa Suzuki ingin kembali ke MotoGP pada 2014 dan dia bertanya apakah Valentino Rossi bersedia membalap untuk mereka,” jelas Brivio yang beralih ke F1 sebagai Direktur Balap tim Alpine setelah kemenangan bersejarah Mir di tahun 2020.

Menurut Brivio, ia menyampaikan keinginan Susuki ini kepada Rossi. “Saya berbicara dengan Valentino tetapi dia mengatakan mengendarai Suzuki tidak menarik baginya, Valentino ingin kembali ke Yamaha [untuk 2013] jadi saya dengan sopan membalas Sahara untuk memberi tahu dia bahwa Valentino tidak tertarik,” ungkapnya.

Komentar