Jemaah Umrah Sulsel Tidak Transit Lagi, Regulasi Batas Usia Dilonggarkan

Selasa, 26 Januari 2021 10:36

Salah seorang jemaah memandangi Ka'bah dari dari balik lubang. (Foto/dok)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Arab Saudi melonggarkan aturan batasan usia jemaah umrah asal Indonesia. Penerbangan dari Sulsel juga sudah bisa langsung ke Jeddah. Tidak transit lagi.

Wakil Ketua DPP Amphuri, M Azhar Gazali mengatakan, syarat umur bagi jemaah umrah asal Indonesia saat ini yakni 18-60 tahun. Sebelumnya syarat umur untuk jemaah umrah asal Indonesia adalah 18-50 tahun.

Perubahan syarat usia jemaah umrah ini, diyakininya akan disambut baik oleh masyarakat muslim Indonesia. “70 persen total jemaah umrah yang reschedule kemarin berusia di atas 50 tahun,” kata Azhar, Selasa (26/1).

Sejak umrah new normal di buka pada awal November tahun lalu, kata Azhar, sedikitnya ada seribuan jemaah asal Indonesia. Meski sempat ditutup pada 25 Desember lalu dan dibuka lagi pada awal Januari tahun ini.

“Jemaah asal Sulsel belum terdeteksi (berapa) yang telah berangkat. Karena berangkat via Jakarta. Mereka pakai domestik dulu ke Jakarta,” jelasnya.

Kabar baiknya, kata CEO Aliyah Wisata tersebut, bahwa jadwal berikutnya sudah ada penerbangan langsung dari Sulsel ke Jedaah, Arab Saudi. Perdana akan berangkat pada 16 Februari mendatang dengan menggunakan maskapai Lion Air.

“Insyaallah bisa menggeliat lagi umrah di Sulsel kalau begini. Ini langkah yang bagus,” yakinnya.

Terlebih lanjutnya, biaya umrah juga tidak terlalu besar lonjakannya. Jika sebelumnya biaya umrah dipatok Rp20-23 jutaan. Umrah new normal ini naik menjadi Rp26-28 jutaan.

Komentar