Kabar Gembira bagi Warga Papua, Dana Otsus Bakal Diperpanjang 20 Tahun

Selasa, 26 Januari 2021 16:43

Menteri Keuangan, Sri Mulyani

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengusulkan penyaluran dana otonomi khusus (otsus) Papua dan Papua Barat diperpanjang selama 20 tahun ke depan. Usulan tersebut tertuang melalui RUU tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 21 Tahun 2001.

“Masalah pendanaan kami mengusulkan beberapa revisi meskipun hasilnya belum optimal kami tetap mendukung untuk dana otsus diperpanjang lagi 20 tahun,” ujarnya Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam rapat kerja (raker) antara Menteri Keuangan dengan Komite I DPD RI tentang yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (26/1).

Bahkan, pihaknya mengusulkan untuk menaikan nilainya sebesar 2 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU). Kita naikkan 2,2 persen dari DAU karena tadi kesenjangannya masih belum tertutup,” imbuhnya.

Kenaikan anggaran otsus Papua ini, kaya Sri Mulyani harus diikuti dengan perbaikan tata kelola. Nantinya penyaluran otsus Papua dan Papua Barat menggunakan skema block grant dan earmark berbasis kinerja

“Ini tujuannya supaya setiap rupiah otsus itu betul-betul terkait dengan hasil dan juga perlu adanya tambahan pembagi diantara provinsi serta pembinaan dan pengawasan dana otsus yang lebih kuat dan lebih reliable,” tuturnya.

Sri Mulyani menjelaskan, untuk memperbaiki tata kelola penggunaan dana otsus, harus adanya peraturan pemerintah (PP) yang mengatur khusus mengenai hal tersebut. Tujuannya, berbagai kelemahan sistem yang terjadi dalam 20 tahun terakhir bisa diperbaiki dan masyarakat bisa mengawasi secara langsung penggunaan dana otsus tersebut.

Komentar