Ke Mana Jenderal Idham Azis Setelah Pensiun? Pengamat: Tunggu Tiga Bulan Kedepan

Selasa, 26 Januari 2021 19:07

Kapolri Jenderal Idham Azis

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Jenderal Idham Azis sebentar lagi akan pensiun sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Jabatan yang telah diembannya sejak 1 November 2019 lalu.

Jenderal bintang empat itu akan digantikan oleh Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri.

Namun langkah selanjutnya pasca Jenderal Idham pensiun dari Polri belum diketahui. Pengamat Politik dan Hankam, Arqam Azikin masih menunggu gerak-gerik Jenderal Idham setelah meninggalkan kursinya sebagai Kapolri.

“Kan sebagai tokoh, punya peluang terbuka. Apalagi punya jejaring luas. Kita tunggu dalam tiga hingga tujuh bulan ke depan. Apakah ada persiapan ke politik nasional atau tidak,” katanya, Selasa (26/1/2021).

Akademisi dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar ini, tak mau gegabah, soal arah Jenderal Idham jika kursi jabatan Kapolrinya nanti akan diganti oleh Komjen Listyo Sigit.

“Kita sabar nunggu apakah ada gerakan politik dalam memainkan instrumen menuju pemilihan presiden 2024. Tapi kita belum tahu,” jelasnya.

Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo kini hanya tinggal menunggu dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kapolri baru.

Apalagi Komisi III DPR secara aklamasi juga menyetujui, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 ini menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Pol Idham Azis. (Ishak/fajar)

Komentar