Menkes Budi: Rakyat dan Pemerintah Harus Bekerja Sama Atasi Pandemi

Selasa, 26 Januari 2021 21:41

Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Penyebaran Covid-19 dengan angka kasusnya yang telah mencapai satu juta kasus mengindikasikan bahwa seluruh rakyat Indonesia bersama dengan pemerintah harus berkolaborasi dan bekerja sangat keras untuk mengatasi pandemi yang setidaknya melanda 215 negara di dunia.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menyebut bahwa saat ini merupakan momentum bagi seluruh pihak untuk berduka atas kepergian keluarga, rekan, atau sahabat yang mungkin meninggalkan kita lebih dulu akibat pandemi ini. Namun, di satu sisi lainnya, ini juga merupakan momentum tumbuhnya kesadaran seluruh pihak untuk bekerja ekstra keras menghadapinya.

“Angka ini membuat kita harus merenung dan ada dua momen penting yang harus kita sadari. Momen yang pertama adalah ini saatnya kita untuk berduka karena ada banyak saudara-saudara kita yang sudah wafat. Momen kedua, kita juga harus sadar bahwa kita harus bekerja sangat keras sehingga pengorbanan yang sudah dilakukan oleh rekan-rekan kita, terutama tenaga kesehatan, itu tidak sia-sia,” ujarnya saat memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, pada Selasa, 26 Januari 2021.

Di tengah pandemi ini, para epidemiolog selalu menekankan satu hal utama yang harus dilakukan, yakni mengurangi laju penularan virus Covid-19. Hal inilah yang saat ini harus benar-benar dipahami oleh seluruh pihak dan secara bersama-sama melakukannya secara konsisten dan terkoordinasi.

Komentar