Tugas Berat Menanti Listyo Sigit sebagai Kapolri, Begal hingga KKB

Selasa, 26 Januari 2021 21:56

Komjen Pol Listyo Sigit saat uji kelayakan calon Kapolri, di Ruang Rapat Komisi III DPR.Foto: Dok. Setjen DPR RI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Tugas berat menanti Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri baru pada Februari mendatang. Ragam kasus besar di Tanah Air menjadi tugas utama jenderal tiga bintang ini.

Salah satunya aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua yang ingin merdeka sendiri dan pisah dengan NKRI. Kelompok ini jadi musuh utama TNI Polri di Indonesia bagian timur.

Selain itu, di Kamtibmas sendiri juga ada kasus begal yang kian marak di setiap jalan di kawasan perkotaan di Indonesia. Bahkan tak jarang korbannya perempuan.

“Menurut saya, Kamtibmas seperti begal dan penodongan. Ini yang berbahaya karena bisa bunuh orang. Ada juga kasus di Papua dengan istilah kriminal bersenjata. Ini bukan kriminal biasa dan tak sekadar kriminal. Juga separatis,” kata pengamat politik, pertahanan dan keamanan Unismuh, Arqam Azikin, Selasa (26/1/2021).

Termasuk juga kasus tawuran sebagai masalah Kamtibmas yang tak kunjung usai. Selain itu pula, tatanan hubungan masyarakat dari berbagai elemen harus diperkuat oleh jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991 ini.

Seperti menjaga hubungan dengan LSM, ormas, tokoh agama dan para akademisi. Hal itu dianggap juga paling penting bagi Komjen Listyo sebagai Kapolri baru mulai Februari 2021 mendatang.

“Tambahannya perkuatan tatanan hubungan masyarakat. Baik di ormas, LSM dan perguruan tinggi,” jelasnya kepada Fajar.co.id.

Komentar