Akhmad Sahal ke Permadi Arya: Menyebut Islam Arogan itu Koplak!

Rabu, 27 Januari 2021 17:42

Akhmad Sahal / Twitter

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Pengurus Cabang Istimewa NU (PCINU) Amerika, Ahmad Sahal, turut angkat bicara terkait pernyataan Islam arogan oleh pegiat media sosial Permadi Arya atau Abu Janda.

Menurutnya apa yang diungkapkan oleh Permadi Arya sebuah pernyataan keliru. Sebab tidak semua umat Islam arogan seperti yang dituduhkan Permadi Arya.

“Twit @permadiaktivis1 yang bilang Islam sebagai arogan ini ngaco banget. Memang ada aliran Islam tertentu yg haramkan tradisi lokal, tapi muslim yang menentang aliran tersebut banyak sekali,” kata Sahal dikutip fajar.co.id di akun Twitternya, Rabu (27/1/2021).

Sahal mencontohkan salah satu aliran Islam yang sangat ramah dengan tradisi lokal adalah Nahdatul Ulama (NU).

“Paham keislaman NU justru sangat ramah dengan tradisi lokal. Menyebut Islam argoan itu koplak!,” sebutnya.

Mendapat kritikan dari Akhmad Sahal, Permadi Arya pun mencoba menjelaskan duduk perkara kenapa dia mengeluarkan pernyataan tersebut.

“Jangan diambil tanpa konteks donk [email protected]_AS, itu ngejawab cuitan tengkuzul yang provokatif rasis, bukan twit mandiri di temlen,” tulis Permadi.

Mendapat balasan dari Permadi, Sahal lalu memintanya untuk fokus saja mengkritik paham keislaman Tengku Zulkarnain tanpa mengeneralisis Islam secara umum.

“Kalo gitu, harusnya fokus aja mengkritik paham keislaman Tengkuzul cs, bukan melabeli Islam sebagai arogan. Tengkuzul memang Islam, tapi Islam jauh lebih luas dan lebih beragam. Islam tak identik dengan Tengkuzul,” balasnya.

Komentar