Antropolog Unhas Bahas Islam dan Ideologi di Damnas Maktim

Rabu, 27 Januari 2021 14:29

Antorpolog Unhas, Dr Tasrifin Taharah hadir di lokasi Darul Arqam Madya Nasional (Damnas) III PC Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Makassar Timur, Rabu, 27 Januari.

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Antorpolog Unhas, Dr Tasrifin Taharah hadir di lokasi Darul Arqam Madya Nasional (Damnas) III PC Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Makassar Timur, Rabu, (27/01/2020).

“Ideologi harus bisa dipahami sebagai visi yang komprehensif terhadap cara pandang. Hal ini penting untuk menjadi falsafah yang menjadi pegangan ke depannya,” ungkapnya dihadapan puluhan peserta Damnas III.

Lebih lanjut, Dosen Universitas Hasanuddin ini mengatakan, pengaruh ideologi-ideologi besar dunia saat ini tak lepas dari peranan Yunani-Romawi, Yudeo-Krsitiani dan Islam.

“Pengaruh peradaban Islam itu sangat besar. Bahkan hingga hari ini. Sehingga Islam menjadi sangat penting untuk menjadi pegangan, menjadi ideologi. Salah satu buktinya pengaruh Islam begitu besar dengan warisan peradaban yang hingga hari ini masih terus diterapkan,” paparnya.

Selain itun Tasrifin Taharah juga berpesan agar transformasi nilai-nilai Islam senantiasa menjadi pegangan hidup.

“Ada banyak ideologi yang berkembang dan berpengaruh di dunia saat ini. Olehnya itu transformasi nilai dalam al-quran sangat penting untuk diimplementasikan. Agar kita tidak mudah terpengaruh oleh hegemoni dari luar,” bebernya.

Salah seorang peserta Damnas Maktim, Masyita mengaku sangat mengapresiasi materi yang disampaikan alumnus Antropologi Universitas Indonesia itu.

“Pembahasan yang luar biasa menarik. Ini menjadi titik poin kita untuk menjawab tantangan ke depannya. Agar menjadi generasi yang bisa memaksimalkan dan mewujudkan kembali peradaban Islam,” jelasnya.(fit)

Komentar