Sindir AS, Ini Permintaan Xi Jinping ke Biden

Rabu, 27 Januari 2021 09:25

Presiden Tiongkok Xi Jinping telah memperingatkan para pemimpin global agar tidak memancing Perang Dingin yang baru dan mendesak persatuan dunia dalam menghadapi pandemi virus Korona. (BIKASH DWARE/THE RISING NEPAL VIA AP)

FAJAR.CO.ID — Presiden Tiongkok Xi Jinping telah memperingatkan para pemimpin global agar tidak memancing Perang Dingin yang baru dan mendesak persatuan dunia dalam menghadapi pandemi virus Korona. Dia menyindir agar semua pihak jangan mengintimidasi pihak lain.

“Untuk membangun kelompok kecil atau memulai Perang Dingin baru, menolak, mengancam atau mengintimidasi orang lain hanya akan mendorong dunia ke dalam perpecahan,” kata Xi Jinping di forum Davos secara virtual seperti dilansir Al Jazeera.

Kata-kata tersebut tampaknya ditujukan pada rencana Presiden AS Joe Biden untuk merevitalisasi aliansi global untuk melawan pengaruh Tiongkok yang semakin besar. Biden, sibuk menangani beberapa krisis domestik yang mendesak. Biden tidak berpartisipasi di Davos dan menugaskan utusan untuk iklim AS John Kerry mewakili Washington.

“Sikap seperti itu akan selalu berakhir dengan merugikan kepentingan setiap negara dan mengorbankan kesejahteraan rakyat,” tegas Xi.

Xi menganjurkan multilateralisme sebagai jalan keluar dari tantangan saat ini, dalam pidato sekitar 25 menit. “Kita harus membangun ekonomi dunia yang terbuka, membuang standar, aturan dan sistem yang diskriminatif dan eksklusif, dan menghilangkan hambatan perdagangan, investasi dan pertukaran teknologi,” katanya.

Menurut Xi, G20 merupakan forum internasional yang mengelompokkan 19 negara berkembang dan berkembang terbesar, ditambah Uni Eropa. Dan harus diperkuat sebagai forum utama untuk tata kelola ekonomi global.

Komentar


VIDEO TERKINI