Usul Subsidi Gaji Karyawan demi Dukung Dunia Usaha

Rabu, 27 Januari 2021 14:22

Pekerja melakukan proses pengerjaan pembangunan 6 ruas jalan tol Seksi A Kelapa Gading-Pulogebang 9,3 kilometer di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Beragam stimulus dikucurkan pemerintah. Diharapkan agar ada yang betul-betul bisa menggerakkan dunia usaha, seperti memberi subsidi gaji karyawan.

Hal tersebut diutarakan, Pengamat Ekonomi, Andi Nur Bau Massepe. Ia mengatakan, kalau pemerintah serius ingin meningkatkan daya beli, Maka pemerintah juga harus memberi stimulus kepada perusahan swasta. Skemanya dengan membayar gaji karyawan.

“Bisa diprioritaskan untuk sektor yang sedang tiarap dan masih bisa bangkit di masa depan. Seperti pariwisata, perhotelan, dan properti,” saran Andi Nur.

Beragam stimulus memang telah dikucurkan pemerintah untuk mendorong daya beli, seperti bantuan sosial (bansos). Hanya saja, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas ini meragukan efektivitasnya. Menurutnya banyak yang tidak tepat sasaran.

Hal tersebut disebabkan sistem pendataan yang dimiliki masih manual dan cenderung tidak up to date. Masih menjadi pekerjaan rumah setiap provinsi memperbaiki sistem data base untuk data pengangguran, kemiskinan, dan UKM.

“Kebijakan memberi stimulus bagi perusahaan swasta sudah banyak dilakukan. Seperti di Amerika Serikat yang memberi stimulus kepada UKM dan swasta kelas menengah dalam bentuk subsidi gaji,” paparnya.

Bedanya di Indonesia, Member Educator 300 ICSB (International Council of Small Business) ini bilang, pemerintah terkesan membedakan-bedakan pengusaha swasta. Fokusnya lebih kepada BUMN dan UKM.

Padahal sektor swasta kalau dihitung punya kontribusi besar juga terhadap PDB. “Stimulus swasta bisa diberikan dalam bentuk subsidi gaji tenaga kerja mereka. Setidaknya 30 persen membantu meringankan biaya operasional perusahaan. Sehingga bisa fokus untuk invetasi dalam bentuk operasional lain dan menjadikan dana cadangan. karena kita tahu pandemi ini lama,” bebernya.

Komentar


VIDEO TERKINI