Beber Pekerjaan Rumah Kapolri Baru, Wakil Ketua MPR: Selamat Menjalankan Amanat

Kamis, 28 Januari 2021 22:03

Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Rekomendasi Komnas HAM agar kasus itu dibawa ke pengadilan harus benar-benar dipegang secara teguh oleh pihak Polri. Siapa pun yang bersalah harus bertanggung jawab secara hukum,” ujarnya.

Lebih lanjut, HNW berharap, agar Kapolri kelak menunjuk penyidik-penyidik yang berkualitas dalam mengusut kasus tersebut secara profesional dan kredibel.

“Saya sangat yakin dan percaya bahwa banyak penyidik-penyidik berkualitas di Polri yang bisa diamanahi menangani kasus ini, walau kemungkinan yang akan menjadi tersangka bisa jadi adalah oknum polisi lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan, selain kasus penembakan laskar FPI, ada pula kasus lain yang menjadi pekerjaan rumah Kapolri yang baru.

Yaitu, dugaan pembungkaman terhadap aktivis lingkungan di Kalimantan Timur dengan modus tes swab Covid-19. Ketika aktivis-aktivis tersebut di-tes dan dinyatakan positif Covid-19, lalu ada sejumlah oknum yang menggeledah kantor organisasi mereka bekerja.

“Kasus ini memang terjadi pada Agustus 2020 lalu, berdasarkan laporan salah satu media nasional. Mungkin tidak banyak yang mengetahui karena jauh dari ibukota dan tertutup oleh kasus besar lainnya. Namun, kasus ini juga perlu menjadi perhatian, untuk melindungi warga negara atau para aktivis yang mewujudkan demokrasi dalam mengawasi kinerja pemerintah,” ujarnya.

Menurut HNW kasus-kasus, itu merupakan segelintir dari banyaknya pekerjaan rumah yang dimiliki oleh Listyo Sigit. Karena itu, dirinya berharap janji-janji Sigit terkait isu keadilan hukum, HAM dan demokratisasi, termasuk menindaklanjuti laporan Komnas HAM soal pelanggaran HAM terkait tewasnya laskar FPI sebagaimana yang disampaikan di Komisi III dapat direalisasikan dengan jujur dan benar.

Bagikan berita ini:
9
8
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar