Mahasiswa Dituntut Paham Alur Kebijakan Publik, Wawan Mattaliu Beberkan Peran Pentingnya

Kamis, 28 Januari 2021 16:04

Founder Laskar Orang Biasa (Lorsa), Wawan Mattaliu di Pelaksanaan Darul Arqam Madya Nasional III PC IMM Makassar Timur, Kamis (28/1/2021).

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Bahas alur kebijakan publik. Mantan legislator DPRD Sulsel, Wawan Mattaliu hadir sebagai narasumber pada pelaksanaan Darul Arqam Madya Nasional (Damnas) PC IMM Makassar Timur, Kamis (28/1/2021).

Founder Laskar Orang Biasa (Lorsa) itu menjelaskan pentingnya alur kebijakan publik untuk menjadi upaya dalam pendampingan publik. Serta menjadi bahan evaluasi bagi mahasiswa dalam perannya ikut mengawal kepentingan publik.

“Poros utama dari kebijakan publik yaitu adanya kekuatan kelas menengah dalam melakukan upaya pendampingan publik,” jelas politikus Sulsel ini.

Dijelaskan pula bahwa, alur kebijakan publik itu tidak sederhana. Namun, mahasiswa hari ini sebagai agent of change dituntut harus mampu mengetahui dan memahaminya untuk menjadi kontrol bagi eksekutif, legislatif dan yudikatif sebagai tiga variabel penggerak alur kebijakan publik ini.

“Menelusuri alurnya itu tidak sesederhana. Namun ada banyak variabel yang mendukung. Memahami kebijakan daerah itu penting, bahwa ada alur besar disetiap kebijakan yang dikeluarkan,” paparnya.(fit)

 

Komentar