MUI Gelar Istighasah Malam Ini, Ajak Umat Muslim Berdoa

Kamis, 28 Januari 2021 17:42

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar agenda muhasabah dan istighasah pada Kamis (28/1) malam ini melalui tayangan virtual dengan pusat acara berada di Masjid Istiqlal Jakarta.

Sekretaris Jenderal MUI, Buya Amirsyah Tambunan, menyampaikan agenda tersebut dilatarbelakangi berbagai bencana di awal 2021 dan masalah selama pandemi Covid-19.

“Musibah banjir, longsor dan gempa terjadi di tengah pandemi Covid-19 yang sudah hampir setahun belum reda. Berbagai ikhtiar telah dilakukan mulai dari penanganan banjir, longsor, termasuk penemuan GeNose yang kita apresiasi dari ahli di Universitas Gadjah Mada,” kata dia kepada Republika.co.id, Kamis (28/1).

Selain itu, lanjut Buya Amirsyah, ikhtiar di bidang kesehatan juga bermunculan yaitu dengan maraknya ramuan herbal yang tentunya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi.

“Semua ikhtiar ini tentu wajib diiringi dengan doa dalam bentuk istighasah ini. Di satu sisi ikhtiar menjadi kewajiban, di sisi lain doa juga kewajiabn sebagai orang beriman,” tutur dia.

Mengutip surat Al-Baqarah ayat 186, Buya Amirsyah mengatakan, kewajiban seorang Muslim agar doanya dikabulkan yaitu menjalankan atau memenuhi segala yang diperintahkan Allah SWT dan beriman kepada-Nya. Allah SWT berfirman:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Komentar