Pemkot Perkenalkan Kartu Aman Covid-19, Pengganti Suket Rapid Antigen?

Kamis, 28 Januari 2021 18:22

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin memegang kartu aman Covid-19.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemkot melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar memperkenalkan kartu Aman Covid-19. Kartu sebagai bukti mereka telah menerima dua dosis suntikan vaksin.

Plt Kepala Dinkes Kota Makassar, Agus Djaja Said mengatakan bahwa pengadaan kartu tengah dilakukan. Namun sebelum diberikan, penerima harus mendapatkan sertifikat bebas Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui pihaknya.

“Kemarin pak (Pj) Wali dengan kebijakannya, dibuatkan lagi kartu. Tapi itu harus ada sertifikatnya dari Kemenkes karena itu ada ID vaksinnya kemudian e-barcode-nya,” jelasnya.

Agus berharap kartu aman Covid-19 tersebut mampu digunakan sebagai syarat untuk bebas berpergian seperti halnya surat keterangan rapid antigen. Pihaknya pun masih menunggu instruksi berikutnya dari pusat.

“Mudah-mudahan ke depan ini bisa digunakan perjalanan tapi itu menunggu juknisnya dari Kemenkes,” tutup Agus.

Kartu aman Covid-19 ini pertama kali diperlihatkan oleh Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin. Ia sendiri akan mendapatkan kartu ini lantaran telah menerima suntikan kedua vaksin.

“Kita sebut Kartu Aman Covid-19. Di sini tertera ada nama, ada kode vaksin kita. Jadi ada nomor spesifik, yang tidak mungkin ada samanya. Kemudian ada barcode lagi,” pungkas Rudy.(ikbal/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI