Tegas Menolak Klaim Teritorial Tiongkok, Presiden Joe Biden Beri Peringatan Keras

Kamis, 28 Januari 2021 21:38

Joe Biden. (int)

FAJAR.CO.ID — Presiden AS, Joe Biden, mulai tegas kepada Tiongkok. Biden yang baru saja dilantik sebagai presiden AS memberikan peringatan keras kepada Tiongkok atas niat ekspansi di Asia Timur dan Tenggara.

Artinya, kendati rezim Donald Trump sudah tergantikan, peringatan Biden menandakan penolakan AS atas klaim teritorial Beijing yang disengketakan termasuk kawasan Laut China Selatan.

Dilansir dari Wio News, Kamis (28/1), Biden dan pejabat keamanan utamanya telah menggarisbawahi dukungan untuk sekutunya yakni Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan. Pada Rabu (27/1) Biden dan Perdana Menteri Jepang Suga membahas masalah keamanan regional, termasuk Tiongkok dan Korea Utara. Biden menambahkan bahwa para pemimpin menegaskan perlunya denuklirisasi lengkap di Semenanjung Korea dan resolusi awal dari masalah penculikan.

Sikap itu digagas oleh Menteri Pertahanan Lloyd Austin, yang mengatakan kepada mitranya dari Jepang Nobuo Kishi bahwa pulau-pulau yang diperebutkan itu dituangkan dalam Perjanjian Keamanan AS-Jepang. Austin menegaskan bahwa Amerika Serikat tetap menentang setiap upaya sepihak untuk mengubah status quo di Laut China Timur.

Sementara itu, juru bicara Departemen Luar Negeri NAS ed Price memperingatkan Tiongkok tentang ancaman terhadap Taiwan setelah berulang kali mengirim lebih dari selusin militer dan pesawat pembom melalui zona pertahanan udara pulau itu.

“Kami akan berdiri bersama teman dan sekutu untuk memajukan keamanan dan nilai-nilai kemakmuran bersama kami di kawasan Indo-Pasifik, dan itu termasuk memperdalam hubungan kami dengan Partai Demokrat Taiwan,” kata Price dalam sebuah pernyataan. “Komitmen kami untuk Taiwan sangat kuat,” lanjutnya.

Komentar


VIDEO TERKINI