Covid-19 Lewati Angka 1 Juta Kasus, Wakil Ketua MPR Minta Pemerintah Jangan Asal Klaim

Jumat, 29 Januari 2021 19:54

Gedung MPR-DPR RI

FAJAR.CO.ID — Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan mempertanyakan klaim keberhasilan pemerintah dalam mengendalikan Pandemi Covid-19. Pasalnya, laju penyebaran kasus Covid-19 masih terus meningkat, sementara ekonomi belum menunjukkan perbaikan yang signifikan.

Syarief Hasan menyebutkan, masih belum terkendalinya kasus positif Covid-19 menunjukkan belum berhasilnya Pemerintah dalam memotong rantai penyebaran Covid-19. “Faktanya, hari ini kita dapat melihat bahwa kasus Covid-19 terus meningkat dari hari ke hari, bahkan telah melewati angka di atas 1 juta kasus,” ujar Syarief.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Gugus Tugas Covid-19 pada Kamis, (28/1) menunjukkan bahwa kasus positif Covid-19 telah mencapai 1,03 juta kasus dengan jumlah kematian mencapai 29 ribu kasus. Alih-alih mereda, jumlah kematian harian memecah rekor baru mencapai 476 kasus kematian dalam satu hari. Bahkan, positivity rate nasional juga mencapai 16,49 persen, di mana normalnya berada di bawah 5 persen.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat pun mendorong Pemerintah untuk tidak gegabah dalam membuat klaim keberhasilan. Sebab menurutnya, main asal klaim bisa berakibat fatal karena dapat dipahami berbeda oleh masyarakat umum.

“Bisa jadi, banyak masyarakat yang mulai berkeliaran tanpa protokoler karena menganggap Pemerintah sudah berhasil meredam Covid-19, padahal nyatanya melandai pun tidak,” ungkap Syarief Hasan.

Tak hanya soal kasus Covid-19, klaim keberhasilan pemerintah dalam memanajemen ekonomi juga belum menunjukkan bukti yang jelas. Apalagi, ekonomi sedang merosot dan bahkan masih masuk dalam jurang resesi, tetapi kenapa Pemerintah malah membuat klaim berhasil dengan kondisi ekonomi yang tidak menentu.

Komentar