Kenal dari Facebook, Pria Ini Mau Saja Beri Uang Ratusan Juta, Rupanya Akal-akalan

Jumat, 29 Januari 2021 22:16

ILUSTRASI. Penipuan

FAJAR.CO.ID — Bunga Aditya Permata terbukti menipu Sutoyo. Perempuan yang dikenal dari medsos itu mengaku butuh uang untuk transplantasi ginjal di Amerika. Sutoyo yang menyukai Bunga mentransfer Rp10 juta – Rp50 juta setiap bulan. Uang itu bukan untuk berobat. Melainkan belanja dan liburan.

Majelis hakim yang diketuai Suparno menyatakan Bunga terbukti bersalah dan menghukumnya 15 bulan penjara. “Mengadili, menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan,” kata hakim Suparno dalam sidang di Pengadilan Negeri Surabaya kemarin (28/1/2021).

Dalam sidang terungkap bahwa Bunga sudah lama berhubungan dengan Sutoyo. Keduanya berkenalan melalui media sosial sejak 2016. Mereka berhubungan cukup dekat. Namun, komunikasi mereka sempat putus. Sutoyo kesulitan menghubungi Bunga.

Hingga pada Oktober 2018 lalu, Sutoyo berusaha kembali menyapa perempuan 30 tahun itu melalui pesan di Facebook. Jaksa penuntut umum Febrian Dirgantara dalam dakwaannya menyatakan, Sutoyo bertanya kepada Bunga mengapa selama ini tidak pernah memberi kabar. “Terdakwa menjawab sedang tranplantasi ginjal di Amerika akibat kecelakaan mobil,” ujar jaksa Febri.

Sutoyo kembali membangun hubungan komunikasi dengan terdakwa. Keduanya bertukar nomor handphone. Sutoyo mengungkapkan perasaannya yang mencintai Bunga. Namun, terdakwa tidak menyukai Sutoyo. “Terdakwa menolak secara tidak langsung dengan mengatakan sudah memiliki teman dekat bernama Anton yang bisa memberi jatah uang Rp25 juta setiap bulan,” katanya.

Komentar