Kenapa Greysia/Apriyani Tersingkir? Ganda Putri Malaysia pun Tak Sadar Lolos Semifinal BWF World Tour Finals

Jumat, 29 Januari 2021 19:25

Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Foto dari situs BWF)

FAJAR.CO.ID,  BANGKOK—Ganda putri Malaysia, Chow Mei Kuan dan Lee Meng Yean tidak menyadari bahwa kemenangan straight-game di pertandingan terakhir grup melawan Greysia Polii/Apriyani Rahayu ternyata membawa mereka ke semifinal HSBC BWF World Tour Finals 2020. Keduanya baru sadar setelah diperlihatkan tabel klasemen.

Tiga pasangan; Lee So Hee / Shin Seung Chan, Greysia/Apri, dan Chow / Lee memang sama-sama mengantongi dua poin hasil dua kemenangan dan sekali kalah. Lee/Shin menduduki puncak grup dengan selisih permainan tertinggi (+3). Sementara Greysia/Apri dan Chow/Lee sama-sama memiliki selisih permainan +1.

Jika berhitung selisih poin atau skor pertandingan, Greysia/Apri sebenarnya lebih unggul dengan +14 berbanding +2. Akan tetapi, aturan turnamen memastikan bahwa pasangan Malaysia itulah yang lolos karena unggul head-to-head. Greysia/Apri sebenarnya mengalahkan Lee/Shin, tapi mereka unggul selisih permainan.

“Kami tidak tahu apakah kami berada di semifinal. Jika kami lolos, kami sangat senang karena ini adalah hadiah besar bagi kami setelah masa pandemi. Kami tidak menyangka bisa masuk semifinal, tapi inilah impian kami. Jadi kami sangat senang,” kata Lee Meng Yean di situs resmi BWF.

Pada pertandingan siang tadi, Chow dan Lee tampil luar biasa dan menang dua game langsung. “Strategi permainan kami adalah untuk terus menekan mereka, kami tidak membiarkan mereka menyerang lebih dulu dan melakukan serangan balik. Itu adalah strategi yang bagus yang berhasil dan kami berhasil mengalahkan mereka,” kata Chow Mei Kuan.

Komentar