Ratusan Burung Nuri Asal Maluku Gagal Diselundupkan ke Makassar

Jumat, 29 Januari 2021 20:44

Ratusan burung nuri yang berhasil diamankan petugas. (Dok Karantina Pertanian Makassar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sebanyak 268 Burung Nuri yang hendak diselundupkan ke Kota Makassar, berhasil digagalkan oleh petugas Karantina Pertanian Makassar, Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Soekarno – Hatta.

Masuknya Nurung Nuri jenis Merah dan Nuri jenis pelangi ini dari Maluku yang diselundupkan melalui KM. Doro Londa, pada hari Jumat (29/1/2021) dini hari tadi.

Pengungkapan binatang yang dilindungi negara ini sudah tercium oleh petugas sejak beberapa hari sebelumnya.

Koordinator Karantina Hewan, Drh. Sri Utami, mengatakan, terungkapnya penyelundupan ini adalah hasil investigasi petugas Karantina Makassar yang bekerjasama dengan kesyahbandaran, kepolisian dan instansi terkait lalu diterjunkan tim untuk memeriksa ke atas kapal.

“Diharapkan dengan penangkapan ini, kedepannya masyarakat lebih paham terhadap pengendalian dan perlindungan satwa. Khususnya perdagangan satwa antar pulau dan negara,” kata Sri dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Daftar Apendix yang dikeluarkan oleh Konvensi Perdagangan Internasional Untuk Spesies Flora dan Satwa Liar, lanjut Sri, burung Nuri Merah dan burung Nuri Pelangi ini masuk dalam daftar Apendix 1.

Dijelaskan, satwa ini masuk dalam daftar satwa liar yang dilarang dalam segala bentuk perdagangan internasional.

Setelah itu, 268 satwa ini dibawa ke BBKSDA Sulsel untuk pemeriksaan kesehatan sambil menunggu proses lebih lanjut.

Proses itu dilakukan oleh Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sulawesi. (Ishak/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI