Tiga Hal Ini Jadi Alasan Suami Melarang Istri Bekerja

Jumat, 29 Januari 2021 18:47

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID — Meniti karier dan mencari rezeki adalah hak setiap orang. Wanita pun berhak untuk melakukannya meski sudah berkeluarga sekali pun.

Meski demikian, banyak suami tak mengizinkan istrinya bekerja. Bukan karena khawatir sang istri akan sering berinteraksi dengan lawan jenis di lingkungan kerja, hingga memunculkan potensi selingkuh.

Berikut tiga hal yang umumnya jadi alasan suami melarang istri bekerja:

  1. Budaya Keluarga Leluhur

Tak dipungkiri, budaya keluarga pasti memengaruhi kehidupan rumah tangga masyarakat modern. Masih banyak keluarga yang menganggap bahwa istri yang menjadi wanita karier adalah hal tabu.

Pengaruh budaya inilah yang membuat suami ngotot melarang istri bekerja. Meskipun mungkin saja banyak hal positif yang bisa diperoleh bila sang istri bekerja.

  1. Ingin Istri Fokus Mengurus Keluarga

Kalau kondisi finansial keluarga sudah memadai, para suami tentu ingin istri fokus mengurus keluarga. Terutama bila keluarga kecil tersebut sudah dikaruniai buah hati.

Kehadiran sosok ibu dalam keluarga tentu memegang peranan penting bagi tumbuh kembang anak.

Pasalnya, kehadiran ibu tak dapat digantikan oleh pengasuh, asisten rumah tangga, atau uang yang melimpah.

Dengan demikian, para suami berharap bisa fokus mencari nafkah karena istri mampu menangani sebagian besar urusan rumah tangga.

  1. Takut Karier Istri Lebih Cemerlang

Alasan melarang istri bekerja yang satu ini nyatanya juga sering melatarbelakangi keputusan para suami. Apalagi bila sang istri memiliki karier cemerlang sebelum menikah.

Komentar