Bantah Tuduhan Abu Janda, Ustad Tengku Zul Sebut Wayang Kulit Halal

Sabtu, 30 Januari 2021 12:11

Ustaz Tengku Zulkarnain (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mantan Wasekjen MUI Ustadz Tengku Zulkarnain membantah tuduhan Permadi Arya alias Abu Janda yang menyebut Islam agama pendatang dari Arab yang mengharamkan wayang kulit.

Menurut Tengku Zulkarnain, wayang kulit tidak haram karena dimodifikasi oleh Wali Songo.

“Soal wayang kulit, wali songo sudah memodifikasi bentuk tampilan wayang kulit Jawa, sehingga menjadi halal karena tidak lagi berbentuk makhluk hidup seperti asalnya wayang India,” kata Tengku Zulkarnain, Sabtu (30/1).

Penceramah yang akrab disapa Tengku Zul ini menyebut wayang kulit bahkan menjadi media dakwah oleh Wali Songo.

“Itulah sebabnya kemudian wali songo ada yang memakai wayang kulit sebagai media dakwah mereka di pulau Jawa ratusan tahun yang lalu,” kata Tengku Zul.

“Bagaimana mungkin kemudian Abu Janda menuduh Islam sebagai agama arogan yang mengharamkan wayang?,” tanya Tengku Zul.

Berikut ini tulisan lengkap Ustaz Tengku Zulkarnain yang dikutip Pojoksatu.id dari akun Instagram @tengkuzulkarnain.id, Sabtu (30/1).

Abu Janda Tegaskan Islam Agama asal Arab yang Arogan

Saya benar benar tidak habis pikir, bagaimana bisa satu orang makhluk yang mengaku beragama Islam sanggup menghina agama Islam yang dianutnya itu sedemikian rupa.

Mengatakan Agama Islam sebagai agama Arab saja sudah menghina luar biasa. Bukankah Islam itu agama yang rahmatan lil ‘alamin? Apakah ada orang yang beragama Islam tidak paham maksud dan arti rahmatan lil ‘alamin, mengingat kata “rahmat dan alam” sudah diserap menjadi bahasa Indonesia sejak masih jadi bahasa asalnya, yakni bahasa Melayu.

Bagikan berita ini:
7
4
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar