Bill Gates Dikritisi karena Klaim ‘Temukan’ Formula 14 Tahun tentang Perubahan Iklim

Minggu, 31 Januari 2021 09:28

Bill dan Melinda Gates. Foto Instagram/@thisisbillgates

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bill Gates baru saja merilis persamaan ilmu iklim yang menjelaskan bagaimana dunia dapat menurunkan emisi karbon dioksida “hingga nol”.

Hal ini disiarkan secara online 22 Februari, berupa surat tahunan edisi 2016 Bill Gates dan istrinya, Melinda, terbitkan.

Masalahnya, persamaan tersebut tidak sepenuhnya baru. Ini dikenal luas dalam komunitas ilmu iklim sebagai identitas Kaya, dan ditinjau dalam literatur ilmiah pada 2002 di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Tetapi alih-alih memanggang Gates tentang asal usul formula tersebut, para ilmuwan iklim senang dia membicarakannya, kata Michael Mann, seorang profesor ilmu atmosfer terkemuka di Pennsylvania State University.

“Dugaan saya, dia pernah melihat ini di suatu tempat di masa lalu, dan agak lupa dari mana asalnya. Dan berpikir bahwa mungkin dia yang melakukannya. Aku akan memberinya keuntungan dari keraguan,” kata Mann, dilansir laman Livescience, Minggu (31/1/2021).

Asal usul persamaan Gates mungkin tetap menjadi misteri untuk saat ini, Yayasan Bill & Melinda Gates tidak membalas permintaan komentar dari Live Science.

Menurut Mann, tidak peduli dari mana persamaan itu berasal, itu dapat membantu para ilmuwan mengawasi emisi karbon dioksida.

“Ini adalah cara untuk memecah emisi karbon kami menjadi sejumlah faktor, yang masing-masing dapat kami coba fokuskan secara terpisah,” jelas Mann.

Bagikan berita ini:
8
3
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar