Haul ke-42 AG KH Muhyiddin Zain, Gubernur: Beliau Sosok Ulama dan Pendidik Sarat Keteladanan

Minggu, 31 Januari 2021 19:21

SULSEL – Universitas Islam Makassar (UIM) Puncak Haul ke-42 Allahyarham AGKH Muhyiddin Zain di Auditorium UIM, Minggu, 31 Januari 2021. Haul ini juga diperingati pada momentum hari lahirnya Nahdlatul Ulama yang ke-95. Gubernur Sulsel, Prof. HM Nurdin Abdullah turut hadir via virtual.

Kegiatan yang mengangkat tema Tokoh NU dan Peletak Dasar Pendidikan Islam di Sulawesi-Selatan di mulai pada pukul 15.00 Wita. Kegiatan diawali dengan tahlilan yang dipimpin oleh Ustadz Maskur Yusuf kemudian salat Ashar dan selanjutnya puncak acara Haul.

AGKH Muhyiddin meninggal pada 26 Januari 1979. Merupakan tokoh NU generasi kedua di Sulsel yang meletakkan dasar-dasar pendidikan tinggi di Sulsel hingga ke timur Indonesia.

Dalam dunia pendidikan, ayah dari Rektor UIM DR Hj Majdah M Zain itu merupakan Rektor ke-2 IAIN (UIN) Alauddin (UIN), pendiri dan Rektor pertama UNNU, lalu kemudian UNIZAL, saat ini UIM.

Majdah M Zain mengatakan bahwa haul ini menjadi momentum untuk melanjutkan pendidikan dan tonggak yang dipancangkan alhamrhum bagi Pendidikan tinggi Islam.

“Kita bernostalgia terutama pada hal positif yang kita jadikan panutan untuk berbuat lebih baik ke depan,” kata Majdah.

Sedangkan, Nurdin Abdullah menyampaikan bahwa mewakili pemerintah dan juga masyarakat atas peringatan haul yang dilaksanakan.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Sulsel saya mencupakan haul allahuyarham KH Muhyiddin Zain ke-42. Semoga momentum ini menjadi motivasi untuk mendukung peran ulama dan para guru kita agar bisa tetap eksis dengan melakukan pembinaan keagamaan sebagai khadimul ummah (pelayan umat) dan berdakwah menyebarkan ajaran agama bagi masyarakat Sulsel,” sebut Nurdin Abdullah.

Komentar