Rekrutmen Guru PPPK, Menag Upayakan Kuota Tambahan

Senin, 1 Februari 2021 11:02

Ilustrasi guru honorer madrasah. Foto: Istimewa for JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Agama menyampaikan perkembangan terkini soal rekrutmen guru PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja). Sejauh ini lobi-lobi Kemenag mulai memberikan perkembangan menggembirakan.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sangat intens berdiskusi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanPAN-RB), dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai upaya untuk penambahan kuota formasi rekrutmen guru honorer Kemenag.

Seperti guru agama yang mengabdi di sekolah-sekolah umum dan guru madrasah. “Pak Menag sedang mengupayakan kuota tambahan untuk guru honorer Kemenag. Kuota guru PPPK yang ada baru 9 ribuan. Itu pun untuk honorer K2 sisa hasil rekrutmen PPPK 2019,” kata Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemenag Muhammad Zain kepada JPNN.com, Senin (1/2).

Dia mengungkapkan, Kemenag sudah menyurat kepada Ketua Komisi X DPR RI mengenai kebutuhan guru PPPK ini. Sejatinya Kemenag sangat membutuhkan PPPK.

“Alhamdulillah sudah ada kemajuan dengan Komisi X. Kami terus membangun komunikasi agar permintaan tambahan kuota guru PPPK ini ditambah,” ucapnya.

Selain dengan Komisi X DPR, lanjutnya, Kemenag juga sedang membangun komunikasi dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo dan BKN.

Apalagi usulan kebutuhan formasi guru dari daerah masih minim. Hal ini bisa jadi peluang bagi Kemenag untuk mendapatkan kuota tambahan.

Komentar