Refly Harun Dihadirkan Saksi Sidang Gus Nur

Selasa, 2 Februari 2021 14:21

Pakar hukum tata negara Refly Harun menghadiri ruang sidang lanjutan terdakwa Gus Nur di PN Jakarta Selatan, Selasa (2/2). Foto: Fransiskus Adryanto Pratama/JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan kembali menggelar sidang lanjutan perkara ujaran kebencian terhadap Nahdlatul Ulama (NU) dengan terdakwa Sugi Nur Raharja alias Gus Nur, Selasa (2/2).

Kali ini, sidang beragendakan mendengarkan keterangan saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Berdasarkan pantauan JPNN.com, ada empat saksi yang dihadirkan oleh JPU, satu di antaranya merupakan pakar hukum tata negara Refly Harun.

Refly tampak duduk berjajar bersama tiga orang saksi lainnya. Dia mengenakan batik berkelir cokelat dan mengenakan masker.Sejatinya, sidang dimulai pukul 10.00WIB, tetapi hakim baru membuka persidangan sekitar pukul 11.30 WIB. Sementara itu, Gus Nur sendiri tidak menghadiri persidangan secara langsung, melainkan virtual.

Sidang kemudian diawali dengan menyaksikan video rekaman yang menampilkan Refly Harun yang sedang mewawancarai Gus Nur di kanal YouTube pada 16 Oktober 2020 lalu.

“Hari ini seperti kesepakatan kemarin kami periksa video dulu setelah itu saksi,” ungkap Ketua Majelis Hakim Toto Ridarto.

Keempat saksi bersama majelis hakim, JPU dan tim kuasa hukum Gus Nur bersama-sama menyaksikan video tersebut.

Selanjutnya, sidang dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi yang dihadirkan di ruang sidang secara bergantian.

Sebagai informasi, dalam kasus ini Sugi Nur Raharja alias Gus Nur diduga telah menyebarkan informasi yang bermuatan kebencian sebagaimana diatur dalam Pasal 28 ayat (2) Undang-undang ITE.

Komentar