Ahmad Khoirul Umam: Wajar AHY Merespons Cepat dan Tegas

Rabu, 3 Februari 2021 11:22

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)- (Facebook)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan ada gerakan yang berupaya melakukan pengambilalihan paksa kepemimpinan PD.

AHY menyebutkan para pimpinan dan kader Demokrat yang melaporkan gerakan tersebut, mereka merasa tidak nyaman dan bahkan menolak ketika dihubungi dan diajak untuk melakukan penggantian Ketum Partai Demokrat.

Ajakan dan permintaan dukungan untuk mengganti “dengan paksa” Ketum PD tersebut, dilakukan baik melalui telepon maupun pertemuan langsung.

“Dalam komunikasi mereka, pengambilalihan posisi Ketum PD, akan dijadikan jalan atau kendaraan bagi yang bersangkutan, sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024 mendatang,” ujar AHY.

Konsep dan rencana yang dipilih para pelaku untuk mengganti dengan paksa Ketum PD yang sah, kata AHY, adalah dengan menyelenggarakan kongres luar biasa (KLB) Tepatkah AHY menyampaikan hal itu secara terbuka?

Dosen Ilmu Politik dan International Studies Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam menyebutkan upaya pembajakan kepemimpinan politik bisa dilakukan secara cepat dan sistematis.

“Wajar AHY merespons cepat dan tegas, karena jika dibiarkan, tindakan makar itu bisa berjalan cepat dan sistematis,” kata A Khoirul Umam yang juga Direktur Eksekutif Romeo Strategic Research & Consulting (RSRC) di Jakarta.

Sikap responsif AHY itu, menurut Umam, patut dipahami. Sebab, jika tidak diantisipasi, upaya pembajakan kepemimpinan politik itu bisa dilakukan secara cepat dan sistematis.

Bagikan berita ini:
6
10
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar