Kasus Covid-19 Meningkat, 20 Negara Ini Dilarang Masuk Arab Saudi, Termasuk Indonesia

Rabu, 3 Februari 2021 11:06

FOTO: DOK TERDAMPAK CORONA: Jemaah melakukan Tawaf al-Ifada, pada puncak peziarahan haji tahunan di Masjidil Haram di ko...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan daftar 20 negara yang tidak diperkenangkan masuk d Arab Saudi, termasuk Indonesia.

Aturan tersebut mulai diberlakukan Rabu (3/2/2021). Dengan pengecualian bagi warga Saudi, diplomat, tenaga kesehatan dan keluarganya yang ingin masuk Saudi.

Pembatasan didasarkan pada kasus Covid-19 di Arab Saudi yang kembali meningkat di awal Februari 2021, setelah sebelumnya berhasil menunjukkan tren positif di akhir tahun 2020.

“Saudi masuk negara ke 4 yang paling aman dikunjungi di masa pandemi, dimana terjadi penurunan kasus 150 perharinya dengan jumlah yang pulih mencapai 90%. Akhirnya pada tanggal 2 Februari 2021 terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat hingga 310 kasus baru dan 4 meninggal. Akhirnya Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengambil langkah ini untuk mengontrol perkembangan virus Covid-19 dan mencegahnya masuk dari luar negara,” demikian dilaporkan Al Arabiyah News, Rabu (3/2/2021).

Adapun negara-negara yang tidak diperkenankan masuk yakni, Argentina, Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, Republik Indonesia, Irlandia, Italia, Pakistan, Brasil, Portugis, Inggris, Turki, Afrika Selatan, Swedia, Swiss, Prancis, Lebanon, Mesir, India, Jepang dan warga negara Saudi yang dalam 14 hari terakhir masuk ke 20 negara yang dilarang.

Atas aturan ini, KJRI Jeddah telah mengimbau warga Indonesia yang telah membeli tiket penerbangan atau lainnya untuk kembali ke Indonesia dalam beberapa hari kedepan agar menghubungi pihak penerbangan/transportasi untuk memastikan kepastian keberangkatan ke tanah air.

Bagikan berita ini:
6
9
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar