Sebut Partai Demokrat Selamat dari Upaya Kudeta, Pengamat: Tidak Sesuai Selera Kekuasaan

Rabu, 3 Februari 2021 18:16

AHY saat mengumumkan adanya upaya kudeta partai yang dipimpinnya.

FAJAR.CO.ID — Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menilai bahwa Partai Demokrat sudah selamat dari dugaan upaya ambil paksa atau kudeta kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Hal itu disebabkan langkah AHY yang dengan cepat mengumumkan ke publik soal adanya upaya kudeta kepemimpinannya tersebut.

“Saya mencermati, bahwa Partai Demokrat selamat dan lolos dari operasi khusus mengambil paksa atau kudeta terhadap partai tersebut, yang tidak sesuai dengan selera kekuasaan,” kata Pangi dalam keterangannya, Rabu (3/2/2021).

Menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu, upaya kudeta yang diendus AHY tidak terlepas dari Partai Demokrat yang selama ini cukup kritis terhadap kebijakan pemerintah.

“Paling tidak Partai Demokrat cukup mahir dan piawai mengendus dan mampu dengan cepat mengantisipasi upaya politik belah bambu menyasar partai tersebut, berhasil menggagalkannya, akibat operasi tersebut mengalami patahan di tengah jalan,” ujar Pangi.

Gagalnya upaya kudeta Partai Demokrat ini, lanjut Pangi, tentunya bisa menjadi pembelajaran bagi oknum yang melakukannya bahwa pengambilalihan kekuasaan partai politik secara paksa bisa dihentikan.

“Wajar saya pikir Partai Demokrat membela diri, mempertahankan kekuasaan itu adalah seni berkuasa,” ujar Pangi. (jpg)

Komentar