Abu Janda Akui Hina Natalius Pigai, Tapi Soal Ini

Kamis, 4 Februari 2021 18:37

Pegiat media sosial Permadi Arya alias Abu Janda. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pegiat media sosial (medsos) Permadi Arya alias Abu Janda telah selesai menjalani pemeriksaan perdana di Bareskrim Polri. Hal itu terkait kasus rasialis kepada mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.

Penyidik mencecar Abu Janda dengan 20 pertanyaan seputar cuitannya di media sosial. Ia mengaku pemeriksaan ini masih bersifat awalan. Belum masuk pada subtansi pokok perkara. Pada pemeriksaam pertamanya itu, pria yang kerap mengenakan jaket atribut GP Ansor itu menjelaskan kepada penyidik soal kata evolusi yang ia lontarkan kepada Pigai.

Menurut dia, cuitan itu merupakan balasan atas cuitan Pigai yang dianggap menghina mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono. Abu Janda juga membantah jika kata evolusi dimaksudkan untuk menyamakan Pigai dengan hewan. Melainkan, evolusi yang dimaksud yakni terkait pola pikir Pigai.

“Karena ini semuanya dimulai dari tweet Natalius Pigai menanyakan kapasitas, saya juga kembali menanyakan balik ke dia, apa cara berpikir kau sudah evolusi belum?, cara berpikir kau, kapasitas berpikir kau,” kata Abu Janda di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (4/2).

Atas dasar itu, Abu Janda menilai kasus ini seharusnya menjadi permasalahan pribadi dia dengan Pigai. Namun, pihak yang melaporkan dia ke Bareskrim Polri tidak memiliki hubungan dengan Pigai.

“Kalau dibilang saya menghina cara berfikir dia, betul. Tapi kan itu urusan saya sama Pigai. Makanya saya bingung ini kok saya lihat pelapornya masih ini-ini juga, terus dilebarkan kemana-mana tanpa konteks,” jelasnya.

Komentar