Ahli Bahasa Sebut Kata ‘Evolusi’ dari Abu Janda Bermakna Merendahkan

Kamis, 4 Februari 2021 16:06

Permadi Arya alias Abu Janda

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Ahli bahasa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Hilmi Akmal menilai, kata ‘Evolusi’ yang dilontarkan oleh Permadi Arya alias Abu Janda ke Natalius Pigai merupakan kalimat yang maknanya merendahkan.

Menurut Hilmi Akmal, setidaknya ada dua proposisi interogatif, yang ditulis oleh Abu Janda ke Pigai. Yang pertama kalimat; “Kau @NataliusPigai2 apa kapasitas kau?”. Dan yang kedua; “sudah selesai evolusi belum kau?.”

Dari dua proposisi interogatif itu menurut Hilmi, adanya diksi evolusi jelas-jelas menunjukkan ketidaksenangan Abu Janda dengan Natalius Pigai.

“Terkait dengan cuitan yang rasis, inferensi yang bisa ditarik adalah saya melihat ada ketidaksenangan Abu Janda dengan pak Pigai. Sehingga membuat proposisi dalam bentuk interogatif yang maknanya merendahkan pak Pigai,” kata Hilmi kepada wartawan, Kamis, (4/2).

Hal senada dikatakan oleh Ahli bahasa dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Krisnajaya. Dia menilai bahwa cuitan ‘evolusi’ Permadi Arya ke Pigai, mengarah ke kepada perubahan manusia dari hewan dalam hal ini kera.

“Adapun unsur makna evolusi manusia itu sebagai pengetahuan umum adalah proses perubahan secara perlahan-lahan dari hewan (kera atau monyet) menjadi manusia. Penggunaan kata evolusi tersebut memiliki perikutan makna evolusi manusia,” kata Kisnajaya.

Namun, dia enggan menyimpulkan jika cuitan Abu Janda sebagai bentuk ujaran kebencian atau telah memenuhi unsur pidana. Menurutnya, hal itu membutuhkan pendalaman lebih lanjut.

Komentar