Lantigiang; Mau Dibawa ke Mana?

Kamis, 4 Februari 2021 20:32

Pulau Lantigiang. (int)

Namun sekiranya belum terlambat, maka polemik Pulau Lantigiang sebenarnya hanya membutuhkan iktikad baik dari semua pihak untuk bisa duduk bersama sembari meneguk kopi susu sehangat beritanya saat ini.

Apalagi pembeli karena terdorong oleh kesadaran luhur guna memanfaatkan sebagian lahan dari pulau tersebut untuk kepentingan pengembangan sektor wisata.

Paling tidak, pihak yang punya kewenangan bisa memberi petunjuk jalan memudahkan dalam urusan berkaitan dengan itu karena tentunya akan berdampak ekonomis terhadap masyarakat dan Selayar pada umumnya.

Sisa kemudian dibuatkan catatan penting yang mempunyai dasar legitimate sesuai ketentuan, bahwa apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan demi menjaga keberlangsungan pariwisatanya.

Di satu sisi, serasa pengembangan sektor wisata di pulau umumnya di Selayar selama ini bisa dikatakan belum berjalan secara maksimal sehingga mengapa tidak jika diberi jalan bagi pihak swasta untuk mengelolanya dengan baik dan profesional sehingga dapat menarik wisatawan dari luar dan itu akan bernilai ekonomis.

Kalau kita coba bandingkan dengan daerah lain, harus diakui agar ada upaya untuk berpacu bahwa sesungguhnya kita masih jauh tertinggal. Dengan demikian, akan senantiasa ada inovasi dan transformatif ide untuk pengembangan sektor wiasata kedepannya.

Orang lazim mengilustrasikan bahwa objek wisata tanpa pengunjung itu ibarat lukisan. Kelihatannya indah tapi tidak bisa dinikmati dan dimanfaatkan kecuali hanya terbatas dalam ruang imajinasi. Mestinya itu diimplementasikan dalam bentuk yang nyata melalui keterlibatan pihak swasta.

Komentar


VIDEO TERKINI